Rabu, 21 Januari 2009

The Preferred Roaming Partner di Indonesia

Jakarta, 14 Januari 2008

Telkomsel menerapkan standar dunia NRTRDE (Near Real Time Roaming Data Exchange), sebuah sistem pengiriman informasi pemakaian roaming pelanggan untuk minimalisasi resiko fraud dalam international roaming. Implementasi NRTRDE mengacu pada rekomendasi GSM Association diterapkan mulai 1 oktober 2008, dimana Telkomsel merupakan operator pertama di Indonesia yang melakukannya , bahkan salah satu dari 160 operator pertama di dunia yang mengimplementasikan dari keseluruhan lebih dari 900 operator GSM seluruh dunia.

Manager Corporate Communicatios Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Pengimplementasian NRTRDE merupakan upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular Indonesia di tingkat regional bahkan internasional. Hal ini merupakan wujud komitmen kami sebagai world class operator, yang mengimplementasikan sistem berstandar dunia

“Sistem NRTRDE mampu mengirimkan data durasi pemakaian telepon para roamers secara lebih cepat dan akurat, dimana pada sistem konvensional delivery time-nya mencapai 36 jam sedangkan sistem baru ini maksimum 4 jam sejak transaksi percakapan dilakukan, sehingga disebut sebagai Near Real Time. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko fraud sekaligus semakin menambah kenyamanan dan kepastian pelanggan, dimana transaksi komunikasi terangkum dalam sebuah report dengan delivery time standard dunia, sehingga diharapkan transaksi yang tidak diharapkan (fraudulence) dapat terminimalisir,” tambah Mimin Nurmintavip, Manager Roamng Business Telkomsel.

Sistem NRTRDE tertuang dalam GSM Association Official Dokument BA.20 tentang Fraud Prevention Procedures dan berlaku secara mandatory per 1 Oktober 2008. NRTRDE mengharuskan setiap operator yang dikunjungi pelanggan atau Visited Public Mobile Network (VPMN) untuk mengirimkan rincian percakapan/Call Detail Record (CDR) kepada operator asal pelanggan atau Home Public Mobile Network (HPMN) maksimum 4 jam sejak transaksi percakapan dilakukan.

“Saat ini tercatat lebih dari 1 juta pelanggan per bulannya yang melakukan roaming di luar negeri dan rata-rata 440 ribu roamers setiap bulannya yang mempercayakan urusan komunikasinya pada jaringan Telkomsel. Peningkatan kapabilitas monitoring dan analisis pemakaian pelanggan melalui implementasi sistem NRTRDE ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam menjaga kepercayaan itu. Bahkan menjadikan Telkomsel sebagai ‘the preferred’ partner bagi para mitra operator roaming di Indonesia,” ungkap Mimin.

“Sistem ini juga tentunya semakin meningkatkan layanan Telkomsel bagi pelanggannya yang melakukan roaming, dimana sebelumnya Telkomsel memilki layanan High Usage Monitoring, yang mampu mengidentifikasikan aktifitas pelanggan saat roaming, apabila pemakaian telponnya terindikasi anomali dan jauh diatas rata-rata pemakaian mereka pada umumnya,” pungkas Mimin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar